Masih ada waktu 6 bulan lagi..

Sedemikian istimewa Allah mengatur hidupku, sungguh-pun tidak ada orang tahu, yang pasti aku benar-benar merasakannya..

Beberapa bulan ini pertanyaan yang membuatku pusing adalah: “Apakah aku harus pulang cepat..??”, sampai tadi malam aku belum bias menjawab pertanyaanku tersebut. Dan alhamdulillah, ternyata Allah Swt. Memberikan jawaban pagi ini: “Jangan pulang dulu..!!”

Aku tidak akan pernah ragu dengan jawaban Allah, karena apa yang sedang kujalani saat ini pada hakekatnya adalah jawaban-Nya –pula- dari pertanyaan-pertanyaanku sebelumnya. Karena jika hanya menggunakan rasional-nalar untuk melihat perjalanan –misalnya- studiku, nalar pasti akan bicara bahwa apa yang sedang kujalani saat ini tidaklah masuk akal..

Baru satu hari aku mendapatkan jawaban itu, saat ini aku sudah tersenyum, seakan-akan sudah bisa merasakan hikmah dari jawaban itu..

Aku masih diberi waktu 6 bulan lagi di Kairo, dan 6 bulan merupakan waktu yang singkat untuk sekedar menjalani hikmah dari jawaban Allah tadi..

Dalam waktu 6 bulan ini, Allah masih memberiku kesempatan untuk mengunjungi ka’bah, sujud di raudhah, dan berdoa di dekat makam Rasulullah Saw.. Inilah hikmah, karena jika aku pulang ke Indonesia cepat, mungkin umurku tak panjang, dan aku akan mati sebelum sempat ziarah ke tanah suci. Na’udzubilLah, sanggupkah aku membawa dosa yang bertumpuk-tumpuk untuk menghadapi hisabku di akherat kelak..??? (Yaa Rabb,.berilah kesempatan hamba-Mu ini untuk sujud di raudhah-Mu..)

Dalam waktu 6 bulan ini juga, aku diberi kesempatan Allah untuk menyelesaikan bukuku. Karena jika buku ini tidak selesai dan ajal lebih dulu menjemputku, maka amal apa yang bisa kubawa dan bisa terus memberiku kucuran pahala untuk kehidupanku kelak..?? Selebihnya, jika buku ini tidak selesai, lantas dengan apa aku akan mendapatkan biaya untuk bisa cepat-cepat mempersunting gadis itu..?? Hal yang sungguh memalukan jika masih meminta biaya orang tua..

Dalam 6 bulan ini juga, aku masih bisa merealisasikan agendaku untuk keliling Afrika. Semuanya ada di 6 bulan ke depan, dan merupakan waktu yang sangat singkat..

At last, my saying good bye for not coming to Vienna University this year. I promise someday I will scratch and write my name on your wall.. And my sincere sorry belongs to Prof. Sarah ‘Harvard’ for not completing my admission, totally I regret to miss your class,, I’ll meet you next year.. InsaAllah..

Comments :

0 comments to “Masih ada waktu 6 bulan lagi..”