Tips Pintar Menulis Fiksi

Banyak orang bilang menulis merupakan hal yang sangat sulit. Di samping membutuhkan kekuatan imajinasi, juga dibutuhkan kemampuan merangkaikan kata dan paragraf. Terlebih jika tulisan masuk dalam kategori ilmiah, berarti dibutuhkan kemampuan untuk membaca, menganalisa kemudian menyimpulkan masalah, sebelum kemudian muncul gagasan-gagasan baru sebagai bentuk pengembangan.


Alasan di atas tidak sepenuhnya salah, artinya memang dalam menulis tidak sekedar hanya merangkaikan kata tanpa makna, tetapi yang paling penting adalah bagaimana ide-ide maupun gagasan kita bisa tersampaikan kepada pembaca. Karena percuma jika menulis tanpa kejelasan maksud yang ingin disampaikan.


Pada hakekatnya, bahasa verbal tidak jauh berbeda dengan bahasa tulis. Keduanya membutuhkan gagasan utama atau ide pokok yang akan disampaikan. Oleh karena itu, jika seseorang menulis namun tidak ada gagasan utama, sama seperti orang yang berbicara namun tidak jelas 'jluntrung parane' (maksud dan tujuannya), dalam istilah Jawa modern dikenal istilah 'kenthir'..^,^


Pada coretan sederhana ini, kita akan berbagi tips bagaimana agar bisa dengan mudah menuangkan ide-ide ke dalam lembaran-lembaran kertas, notes facebook maupun blog.


Secara umum, tulisan dibagi menjadi tiga jenis, yaitu fiksi, non fiksi dan semi fiksi. Perbedaan mendasar dari ketiganya dapat dilihat dari sifat tulisan, fiksi bersifat cerita khayal maupun rekaan, sedangkan non fiksi sifatnya nyata atau ilmiah. Untuk jenis semi fiksi, yaitu penggabungan antara fiksi dan non fiksi. Contoh semi fiksi yang sedang populer saat ini seperti Tetralogi Laskar Pelangi-nya Andrea Hirata.


Tips menulis fiksi


Karena fiksi sifatnya adalah khayalan, maka yang pasti kita harus bisa menghayal. Nah, jika selama ini kita biasa menghayal, sebenarnya bakat dan modal untuk menjadi penulis fiksi handal sudah ada pada diri kita. Langkah selanjutnya tinggal mensistematisir khayalan tersebut..


Contoh khayalan:

"Menghayal 'sedang bersama Power Ranger berperang melawan monster...',. Langkah selanjutnya adalah mensistematisir khayalat tersebut menjadi sebuah cerita pendek yag menarik"


Seperti tertulis di awal, bahwa hal dasar yang harus dimiliki seseorang dalam menulis adalah ide ataupun gagasan utama. Dan dalam tulisan fiksi, ide ataupun gagasan utama ini tidak sulit untuk ditemukan. Karena secara apik ia sudah tersusun dalam otak.

Some text missing

Dan begitu seterusnya sampai akhir gagasan utama. Cara ini model yang paling mudah untuk mensistematisir kemampuan khayalan kita. Jika nanti sudah terbiasa memecah dan mengembangkan gagasan utama, maka dengan sendirinya kemampuan mengolah kata dan memberikan 'rasa' pada tulisan bukan lagi hal yang sulit.


So, berkhayallah yang berbobot, dan tuangkan dalam tulisan, karena pada dasanya tulisan yang bagus adalah yang bisa menginspirasi orang untuk melakukan kebaikan; sarat dengan muatan-muatan nilai yang membangun..


Good luck..!!!

;)

Untuk langkah menulis non fiksi, kapan-kapan yaaa..

Udah mau Jum'atan niee..

^o^


Comments :

0 comments to “Tips Pintar Menulis Fiksi”